Proposal Kegiatan Luar Kelas CB Kewarganegaraan
CBDC – TFI
Character Building
Kewarganegaraan
SOSIALISASI
NILAI – NILAI KEWARGANEGARAAN
Berbagi Kebersamaan dalam Bentuk Kepedulian Sosial
Dengan Menjadi Volunteer di RPTRA
Identitas Kelompok
Nim
|
Nama
|
Jurusan
|
Jabatan
|
2001562054
|
GABBY ANDINA GANESDHI
|
ARSITEKTUR
|
KETUA
|
2001561474
|
CLARA HAM
|
ARSITEKTUR
|
WAKIL KETUA
|
2001566222
|
GLORIA KELSY VENSKA L.
|
ARSITEKTUR
|
ANGGOTA
|
2001579414
|
GRACE ANSTASIA
|
ARSITEKTUR
|
SEKRETARIS
|
2001610652
|
RISKYA OCTAVIANA
|
IT
|
ANGGOTA
|
2001589440
|
SALMA AZ ZAHROH
|
ARSITEKTUR
|
ANGGOTA
|
2001623056
|
VERINA AGUSTINA
|
IT
|
ANGGOTA
|
Kelas
|
LD01
|
BINUS UNIVERSITY
2017
HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL
Project Luar Kelas Character Bulidng Kewarganegaraan
1.
|
Judul Project
|
:
|
Berbagi Kebersamaan dalam Bentuk Kepedulian
Sosial dengan menjadi Volunteer di RPTRA
|
2
|
Lokasi Project
|
:
|
RPTRA Jeruk Manis, Kebon Jeruk – Jakarta Barat
|
3
|
Kelompok target
kegiatan
|
:
|
Anak – anak yang tinggal disekitar Komplek
Perumahan Kebon Jeruk Baru
|
4.
|
Nama Anggota
Kelompok
|
:
|
|
|
|
:
|
Gabby
Andina Ganesdhi
|
|
|
:
|
Clara Ham
|
|
|
:
:
|
Grace
Anastasia
Gloria Kelsy
Venska L.
|
|
5. Anggota
6.
Anggota
|
:
|
Riskya Octaviana
Verina
Agustina
|
5
|
Mata Kuliah
|
:
|
Character
Building Kewarganegaraan
|
6
|
Kelas
|
:
|
LD01
|
7.
|
Dosen
|
:
|
Iwan Irawan, S.H., M.B.A., M.M., M .H.
|
Jakarta, 1 Maret 2017
Mengetahui
![]()
( Iwan Irawan, S.H., M.B.A., M.M., M.H. )
Dosen CB Kewarganegaraan
|
Ketua Kelompok
![]()
( Gabby Andina Ganesdhi )
|
DAFTAR ISI
Lembaran cover ················································································· 1
Lembaran pengesahan................................................................................................... 2
Daftar Isi........................................................................................................................ 3
..
Bab 1: Pendahuluan
Latar
belakang.................................................................................................. 4
Permasalahan.................................................................................................... 5
Rencana
kegiatan.............................................................................................. 5
Bab 2: Metode Kegiatan ............................................................................................... 6
Bab 3: Konsep................................................................................................................ 7
Referensi
BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Semenjak tahun 2015,
Pemerintah Kota Jakarta mulai menggalakkan program pembangunan RPTRA untuk
merealisasikan Kota Jakarta sebagai kota yang ramah anak. Program RPTRA ini
telah terlaksana dan dapat dilihat hasilnya dari banyaknya jumlah RPTRA yang
terus meningkat di ibu kota Jakarta. Fungsi dari RPTRA itu sendiri adalah untuk
Taman terbuka public, Wahana permainan
dan tumbuh kembang anak, Bagian dari prasarana dan sarana Kota Layak Anak, Ruang
terbuka hijau dan tempat penyerapan air tanah, serta Prasarana dan sarana
kegiatan sosial warga termasuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan Kader
PKK.
Akan tetapi, dalam pelaksanaanya RPTRA masih kekurangan
tenaga kerja untuk merealisasikan kegiatan – kegiatan pengembangan anak yang
telah ditetapkan dari pemerintah. Dapat dilihat dari jumlah pengunjung RPTRA
yang tidak sebanding dengan tenaga kerja yang ada. Pengunjung yang datang cukup
banyak, namun pihak pengelola yang terlihat hanya 2 atau 3 orang saja. Hal
tersebut menimbulkan pengelola menjadi kewalahan dalam mengurus anak – anak
yang datang, sehingga anak – anak tidak memperdulikan kegiatan yang disediakan
dan cenderung hanya datang untuk bermain. Padahal di RPTRA tersebut telah
disediakan fasilitas seperti Bina Keluarga Balita Pendidikan Anak Usia Dini
(BKB-PAUD), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Perpustakaan anak, Tempat berolah
raga, Tempat bermain, dan Kegiatan kreatif anak.
Melihat keadaan seperti ini, kami termotivasi untuk berkontribusi
di salah satu RPTRA disekitar area Jakarta Barat yang baru selesai dibangun.
Menurut kami, RPTRA yang baru selesai dibangun membutuhkan bantuan untuk
menjalankan jadwal kegiatanny sehingga jiwa kamipun tergerak oleh keadaan yang
ada untuk membantu. Menurut kami, baik pihak pengelola maupun anak – anak
disekitar lingkungan RPTRA sama – sama membutuhkan bantuan.
Dalam hal ini, pihak RPTRA membutuhkan bantuan dalam
bentuk sukarelawan untuk membina anak – anak yang mengunjungi RPTRA. Dengan
adanya sukarelawan, program kegiatan mereka akan tertata lebih baik dan bisa
merangkul seluruh anak – anak. Dampaknya adalah anak – anak serta orang tua
yang tinggal disekitarnya akan lebih tertarik untuk datang berkunjung dan
menggunakan fasilitas yang telah disediakan.
Dengan menjadi relawan, kita dapat mengajarkan hal – hal
yang belum tentu didapatkan anak – anak pengunjung RPTRA di sekolahnya masing –
masing. Di sisi lain, anak – anak juga dapat mempelajari nilai – nilai
kehidupan yang tersirat dalam berbagai hiburan serta permainan yang disediakan
oleh relawan. Nilai – nilai ini diharapkan dapat membangun karater mereka
menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya sebagai seorang warga negara
Indonesia yang baik akhlaknya serta cinta Tanah Air.
- PERMASALAHAN
Permasalahan
yang akan kami hadapi adalah sulitnya menemukan sekolah yang sesuai. Selain itu
kemungkinan lain adalah sulitnya mengumpulkan anak – anak ini agar mau
mengikuti kegiatan, karena mereka akan memilih untuk bermain ataupun mencari
uang. Permasalah yang juga tak kalah penting adalah tempat dan waktu
pelaksanaan. Hal ini dapat disebabkan oleh kedua belah pihak, baik dari
kelompok kami maupun dari anak – anak dan sekolah yang membantu.
- RENCANA KEGIATAN (SOLUSI)
Solusi
yang kami rencanakan untuk mengatasi masalah yang akan timbul adalah :
1. Mencari
komunitas yang sifatnya lebih fleksibel baik dalam waktu maupun tempat
pelaksanaan dengan melakukan survey dibeberapa tempat.
2. Melakukan
diskusi dengan komunitas untuk menyesuaikan jadwal masing – masing.
3. Membuat
susunan kegiatan yang menarik dalam setiap kegiatan seperti dibuka dengan
permainan – permainan ringan dan ditutup dengan kegiatan seru lainnya. Metode
ini diharapkan dapat meningkatkan semangat
anak – anak.
4. Menggunakan
sistem kegiatan yang ramah dan tidak membebani anak – anak. Sistem yang ramah
dan tidak menakutkan diharapkan dapat membuat mereka lebih mudah untuk memahami
hal – hal baru yang diberikan.
5. Memberikan
hadiah – hadiah kecil bagi anak yang berhasil atau memenangkan permainan.
6. Memberikan
hiburan saat mereka sudah mulai jenuh seperti menonton kartun bersama.
7. Untuk
kegiatan pembersihan lingkungan, kegiatan dilaksanakan bersama dengan anak –
anak yang sedang bermain di lokasi.
BAB 2
METODE KEGIATAN
Tempat : RPTRA
Jeruk Manis, Kebon Jeruk
Waktu : 14.00-16.00
Durasi : 2 jam per
pertemuan
- Melakukan survey untuk melihat kondisi RPTRA yang akan diajak bekerjasama
- Menghubungi RPTRA yang sudah dipilih
- Melakukan pertemuan untuk membahas rencana kegiatan
- Melakukan kegiatan sesuai jadwal yang telah dipersiapkan oleh pihak RPTRA
- Merampungkan laporan akhir kegiatan
Sistematika Kegiatan pengajaran :
1.
Setiap kegiatan yang akan kami lakukan akan sesuai
dengan permintaan pihak pengelola RPTRA. Untuk kegiatan pertama, pihak RPTRA
mengusulkan agar mahasiswa memberikan kegiatan yang dapat mengembangkan
kreativitas anak – anak di RPTRA. Kegiatan hari pertama diawali dengan
perkenalan diri, kemudian dilanjutkan dengan belajar mewarnai. Anak-anak yang
mengikuti acara ini akan merasakan kebersamaan juga pengembangan kreativitas.
2.
Kegiatan dihari berikutnya juga masih bertujuan
untuk meningkatkan kreativitas anak – anak. Kegiatan yang diminta pihak RPTRA
adalah kerajinan tangan. Oleh Karena itu kami memilih untuk mengajarkan cara
melipat kertas atau origami. Kertas origami yang telah dibuat oleh anak – anak
akan dinilai untuk kemudian diberikan hadiah kepada pemenang. Dengan cara ini,
selain meningkatkan kreativitas, jiwa kompetitif anak – anak akan terpacu.
3.
Dipertemuan ke 3 dan 4, yang diadakan diminggu
berikutnya, Pihak pengelola RPTRA berharap kelompok mahasiswa untuk membantu berkontribusi
pada lingkungan di sekitar RPTRA. Untuk itu di pertemuan 3 dan 4, kami akan
mengadakan sosialisasi untuk anak-anak tentang pentingnya kebersihan lingkungan
.
BAB 3
KONSEP
HUBUNGAN DENGAN NILAI – NILAI KEWARGANEGARAAN
Kelompok kami akan melakukan kegiatan pengajaran dalam
bentuk pengembangan kreativitas kepada anak-anak dI RPTRA Jeruk Manis. Selain
itu kami juga akan melakukan aksi kebersihan di lingkungan RPTRA tersebut guna
membantu pihak pengelola. Dimana hal ini menjadi bukti kami kepada implementasi
nilai – nilai kewarganegaraan pada Pancasila, yaitu sila kedua. Dengan melaksanakan kegiatan
volunteer di RPTRA, kami akan dapat belajar mengenai sikap saling menghargai
dan mencitai terhadap sesama, sehingga diharapkan kami dapat aktif dalam
kegiatan kemanusiaan lainnya. Kegiatan kami dalam bentuk relawan untuk mengajar
serta melakukan kebersihan merupakan salah satu contoh dari nilai – nilai soasial
di masyarakat. Sikap saling menghargai dan peduli terhadap sesama sangatlah
penting dalam kehidupan sehari – hari kita sebagai warga negara demi menjamin
ketentraman dan keadilan di Indonesia.
REFERENSI
https://bandunglover.wordpress.com/indonesia/butir-butir-pancasila/
http://www.kompasiana.com/musarustam/ruang-publik-terpadu-ramah-anak-rptra_560bae4c167b6105084fb3f6
https://kepegawaianbpmpkb.wordpress.com/2016/04/08/peta-rptra/
Komentar
Posting Komentar