Proposal Kegiatan Luar Kelas CB Kewarganegaraan


CBDC – TFI

Character Building  Kewarganegaraan



SOSIALISASI NILAI – NILAI KEWARGANEGARAAN

















Berbagi Kebersamaan dalam Bentuk Kepedulian Sosial

Dengan Menjadi Volunteer di RPTRA











Identitas Kelompok



Nim
Nama
Jurusan
Jabatan
2001562054
GABBY ANDINA GANESDHI
ARSITEKTUR
KETUA
2001561474
CLARA HAM
ARSITEKTUR
WAKIL KETUA
2001566222
GLORIA KELSY VENSKA L.
ARSITEKTUR
ANGGOTA
2001579414
GRACE ANSTASIA
ARSITEKTUR
SEKRETARIS
2001610652
RISKYA OCTAVIANA
IT
ANGGOTA
2001589440
SALMA AZ ZAHROH
ARSITEKTUR
ANGGOTA
2001623056
VERINA AGUSTINA
IT
ANGGOTA







Kelas
LD01









BINUS UNIVERSITY

2017

















HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL



Project Luar Kelas Character Bulidng Kewarganegaraan





1.
Judul Project
:
Berbagi Kebersamaan dalam Bentuk Kepedulian Sosial dengan menjadi Volunteer di RPTRA
2
Lokasi Project
:
RPTRA Jeruk Manis, Kebon Jeruk – Jakarta Barat
3
Kelompok target kegiatan
:
Anak – anak yang tinggal disekitar Komplek Perumahan Kebon Jeruk Baru
4.
Nama Anggota Kelompok
:


  1. Ketua
:
Gabby Andina Ganesdhi

  1. Wakil Ketua
:
Clara Ham

  1. Sekretaris
  2. Anggota
:
:
Grace Anastasia
Gloria Kelsy Venska L.

      5.  Anggota
      6. Anggota
:
Riskya Octaviana
Verina Agustina
5
Mata Kuliah
:
Character Building Kewarganegaraan
6
Kelas
:
LD01
7.
Dosen
:
Iwan Irawan, S.H., M.B.A., M.M., M .H.









                                                                                        Jakarta, 1 Maret 2017


Mengetahui
( Iwan Irawan, S.H., M.B.A., M.M., M.H. )
Dosen CB Kewarganegaraan

Ketua Kelompok
( Gabby Andina Ganesdhi )




























DAFTAR ISI





Lembaran cover ················································································· 1



Lembaran pengesahan................................................................................................... 2



Daftar Isi........................................................................................................................ 3

 ..

Bab 1:  Pendahuluan

Latar belakang.................................................................................................. 4

Permasalahan.................................................................................................... 5

Rencana kegiatan.............................................................................................. 5



Bab 2: Metode Kegiatan ............................................................................................... 6



Bab 3: Konsep................................................................................................................ 7



Referensi
























BAB I
PENDAHULUAN





  1. LATAR BELAKANG

Semenjak tahun 2015, Pemerintah Kota Jakarta mulai menggalakkan program pembangunan RPTRA untuk merealisasikan Kota Jakarta sebagai kota yang ramah anak. Program RPTRA ini telah terlaksana dan dapat dilihat hasilnya dari banyaknya jumlah RPTRA yang terus meningkat di ibu kota Jakarta. Fungsi dari RPTRA itu sendiri adalah untuk Taman terbuka public, Wahana permainan dan tumbuh kembang anak, Bagian dari prasarana dan sarana Kota Layak Anak, Ruang terbuka hijau dan tempat penyerapan air tanah, serta Prasarana dan sarana kegiatan sosial warga termasuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan Kader PKK.

Akan tetapi, dalam pelaksanaanya RPTRA masih kekurangan tenaga kerja untuk merealisasikan kegiatan – kegiatan pengembangan anak yang telah ditetapkan dari pemerintah. Dapat dilihat dari jumlah pengunjung RPTRA yang tidak sebanding dengan tenaga kerja yang ada. Pengunjung yang datang cukup banyak, namun pihak pengelola yang terlihat hanya 2 atau 3 orang saja. Hal tersebut menimbulkan pengelola menjadi kewalahan dalam mengurus anak – anak yang datang, sehingga anak – anak tidak memperdulikan kegiatan yang disediakan dan cenderung hanya datang untuk bermain. Padahal di RPTRA tersebut telah disediakan fasilitas seperti Bina Keluarga Balita Pendidikan Anak Usia Dini (BKB-PAUD), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Perpustakaan anak, Tempat berolah raga, Tempat bermain, dan Kegiatan kreatif anak.

Melihat keadaan seperti ini, kami termotivasi untuk berkontribusi di salah satu RPTRA disekitar area Jakarta Barat yang baru selesai dibangun. Menurut kami, RPTRA yang baru selesai dibangun membutuhkan bantuan untuk menjalankan jadwal kegiatanny sehingga jiwa kamipun tergerak oleh keadaan yang ada untuk membantu. Menurut kami, baik pihak pengelola maupun anak – anak disekitar lingkungan RPTRA sama – sama membutuhkan bantuan.

Dalam hal ini, pihak RPTRA membutuhkan bantuan dalam bentuk sukarelawan untuk membina anak – anak yang mengunjungi RPTRA. Dengan adanya sukarelawan, program kegiatan mereka akan tertata lebih baik dan bisa merangkul seluruh anak – anak. Dampaknya adalah anak – anak serta orang tua yang tinggal disekitarnya akan lebih tertarik untuk datang berkunjung dan menggunakan fasilitas yang telah disediakan.

Dengan menjadi relawan, kita dapat mengajarkan hal – hal yang belum tentu didapatkan anak – anak pengunjung RPTRA di sekolahnya masing – masing. Di sisi lain, anak – anak juga dapat mempelajari nilai – nilai kehidupan yang tersirat dalam berbagai hiburan serta permainan yang disediakan oleh relawan. Nilai – nilai ini diharapkan dapat membangun karater mereka menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya sebagai seorang warga negara Indonesia yang baik akhlaknya serta cinta Tanah Air.





  1. PERMASALAHAN

Permasalahan yang akan kami hadapi adalah sulitnya menemukan sekolah yang sesuai. Selain itu kemungkinan lain adalah sulitnya mengumpulkan anak – anak ini agar mau mengikuti kegiatan, karena mereka akan memilih untuk bermain ataupun mencari uang. Permasalah yang juga tak kalah penting adalah tempat dan waktu pelaksanaan. Hal ini dapat disebabkan oleh kedua belah pihak, baik dari kelompok kami maupun dari anak – anak dan sekolah yang membantu.





  1. RENCANA KEGIATAN (SOLUSI)

Solusi yang kami rencanakan untuk mengatasi masalah yang akan timbul adalah :

1.     Mencari komunitas yang sifatnya lebih fleksibel baik dalam waktu maupun tempat pelaksanaan dengan melakukan survey dibeberapa tempat.

2.     Melakukan diskusi dengan komunitas untuk menyesuaikan jadwal masing – masing.

3.     Membuat susunan kegiatan yang menarik dalam setiap kegiatan seperti dibuka dengan permainan – permainan ringan dan ditutup dengan kegiatan seru lainnya. Metode ini diharapkan dapat meningkatkan semangat  anak – anak.

4.     Menggunakan sistem kegiatan yang ramah dan tidak membebani anak – anak. Sistem yang ramah dan tidak menakutkan diharapkan dapat membuat mereka lebih mudah untuk memahami hal – hal baru yang diberikan.

5.     Memberikan hadiah – hadiah kecil bagi anak yang berhasil atau memenangkan permainan.

6.     Memberikan hiburan saat mereka sudah mulai jenuh seperti menonton kartun bersama.

7.     Untuk kegiatan pembersihan lingkungan, kegiatan dilaksanakan bersama dengan anak – anak yang sedang bermain di lokasi.












BAB 2

METODE KEGIATAN





Tempat            : RPTRA Jeruk Manis, Kebon Jeruk

Waktu             : 14.00-16.00

Durasi             : 2 jam per pertemuan



  1. Melakukan survey untuk melihat kondisi RPTRA yang akan diajak bekerjasama
  2. Menghubungi RPTRA yang sudah dipilih
  3. Melakukan pertemuan untuk membahas rencana kegiatan
  4. Melakukan kegiatan sesuai jadwal yang telah dipersiapkan oleh pihak RPTRA
  5. Merampungkan laporan akhir kegiatan



Sistematika Kegiatan pengajaran :

1.     Setiap kegiatan yang akan kami lakukan akan sesuai dengan permintaan pihak pengelola RPTRA. Untuk kegiatan pertama, pihak RPTRA mengusulkan agar mahasiswa memberikan kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas anak – anak di RPTRA. Kegiatan hari pertama diawali dengan perkenalan diri, kemudian dilanjutkan dengan belajar mewarnai. Anak-anak yang mengikuti acara ini akan merasakan kebersamaan juga pengembangan kreativitas.

2.     Kegiatan dihari berikutnya juga masih bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak – anak. Kegiatan yang diminta pihak RPTRA adalah kerajinan tangan. Oleh Karena itu kami memilih untuk mengajarkan cara melipat kertas atau origami. Kertas origami yang telah dibuat oleh anak – anak akan dinilai untuk kemudian diberikan hadiah kepada pemenang. Dengan cara ini, selain meningkatkan kreativitas, jiwa kompetitif anak – anak akan terpacu.

3.     Dipertemuan ke 3 dan 4, yang diadakan diminggu berikutnya, Pihak pengelola RPTRA berharap kelompok mahasiswa untuk membantu berkontribusi pada lingkungan di sekitar RPTRA. Untuk itu di pertemuan 3 dan 4, kami akan mengadakan sosialisasi untuk anak-anak tentang pentingnya kebersihan lingkungan .












BAB 3

KONSEP HUBUNGAN DENGAN NILAI – NILAI KEWARGANEGARAAN





Kelompok kami akan melakukan kegiatan pengajaran dalam bentuk pengembangan kreativitas kepada anak-anak dI RPTRA Jeruk Manis. Selain itu kami juga akan melakukan aksi kebersihan di lingkungan RPTRA tersebut guna membantu pihak pengelola. Dimana hal ini menjadi bukti kami kepada implementasi nilai – nilai kewarganegaraan pada Pancasila, yaitu  sila kedua. Dengan melaksanakan kegiatan volunteer di RPTRA, kami akan dapat belajar mengenai sikap saling menghargai dan mencitai terhadap sesama, sehingga diharapkan kami dapat aktif dalam kegiatan kemanusiaan lainnya. Kegiatan kami dalam bentuk relawan untuk mengajar serta melakukan kebersihan merupakan salah satu contoh dari nilai – nilai soasial di masyarakat. Sikap saling menghargai dan peduli terhadap sesama sangatlah penting dalam kehidupan sehari – hari kita sebagai warga negara demi menjamin ketentraman dan keadilan di Indonesia.









REFERENSI



https://bandunglover.wordpress.com/indonesia/butir-butir-pancasila/



http://www.kompasiana.com/musarustam/ruang-publik-terpadu-ramah-anak-rptra_560bae4c167b6105084fb3f6



https://kepegawaianbpmpkb.wordpress.com/2016/04/08/peta-rptra/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 2 Volunteer di RPTRA Jeruk Manis

Pertemuan 3: Volunteer di RPTRA Jeruk Manis

Pertemuan 4 Volunteer di RPTRA Jeruk Manis